Makanan beku ditambah sayuran

Bijak Santap Makanan Beku, agar Lebih Sehat Tambahkan Sayuran

Tips sehat mengonsumsi makanan beku (Foto:Devi/Okezone)

MAKANAN beku menjadi hal yang bisa diandalkan bagi masyarakat urban yang hectic dengan sederet aktifitas luar rumah. Rasanya yang enak dan proses pemasakan yang mudah membuat makanan beku acap kali jadi santapan nikmat.

Tapi sebagai makanan olahan tentu ada sisi negatif dari makanan beku. Untuk menyiasatinya, Moms harus pandai membuat ragam makanan beku dengan padu padan bahan segar. Istilah ‘Dirimu tergantung apa yang kamu makan’ tampaknya bisa jadi alarm untuk bijak menyantap makanan beku.

Chef Ari Galih menjabarkan tips dan trik agar bijak menyantap makanan beku.

“Makanan olahan beku sebenarnya kan bahan segar yang diolah dengan teknik khusus kemudian diproses juga secara khusus hingga akhirnya menghasilkan produk yang tahan lama. Tentu dengan cara simpan yang baik, misalnya suhu yang tepat,” kata Chef Ari dalam acara Lomba Masak So Good, Inspirasi Keluarga Indonesia.

Pria muda yang ramah ini juga lebih lanjut menyarankan jika mengolah makanan beku, sebaiknya dikombinasikan dengan bahan makanan segar seperti sayuran. “Bikin makanan frozen dibalance sama makanan segar, bisa tambah sayuran wortel, buncis. Kreasinya dimainkan,” lanjut Chef Ari.

Baca Juga

Di samping itu, mindset orang soal makanan beku adalah hanya bisa diolah dengan cara digoreng padahal semua kreasi makanan dengan berbagai bumbu bisa diaplikasikan menggunakan makanan beku. “Memang makanan beku didesain untuk diolah dengan cara digoreng, padahal asal kreasinya main, ini bisa jadi santapan lezat. Misal bisa ditumis, tambahin bumbu, dimasak pakai kuah dan lain sebagainya. Dimasak pakai bumbu ala Nusantara juga enak lho, ini yang jarang diaplikasikan karena orang maunya simpel dan cepat,” beber Chef Ari.

Chef yang sering menjadi juri dalam lomba memasak ini juga menyebutkan beberapa olahan kuliner yang bisa diolah menggunakan makanan beku. Mulai dari mangut ayam, garang asam, arsik ayam pakai kecombrang, bakso penyet dan lain sebagainya.

Baca Juga

Terkait makanan beku yang diandalkan sebagai makanan stok dalam freezer, Chef Galih tak menampik hal ini. “Memang benar banyak orang menjadikan makanan beku sebagai stok di rumah. Banyak alasannya mulai dari praktis, tahan lama, hingga kandungan gizi yang tinggi. Boleh saja jadi stok asal benar cara menyimpannya. Ambil secukupnya makanan beku lalu simpan lagi supaya si bakteri enggak berkembang biak dan bikin makanan rusak,” pungkas Chef Ari Galih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.